Subscribe RSS

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

ICT (Information, Communication, and Tecnology) merupakan salah satu komponen pendukung keberhasilan proses belajar mengajar. Perkembangan ICT beberapa tahun belakangan ini berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sehingga dengan perkembangan ini telah mengubah paradigma masyarakat dalam mencari dan mendapatkan informasi yang tidak lagi hanya terbatas pada media cetak, radio dan televisi, tetapi juga menjadikan teknologi jaringan global, internet sebagai salah satu sumber informasi utama.

Salah satu bidang yang mendapatkan dampak yang cukup berarti dengan perkembangan teknologi ini adalah bidang pendidikan, dimana pada dasarnya pendidikan merupakan suatu proses komunikasi dan informasi dari pendidik kepada peserta didik yang berisi informasi-informasi pendidikan yang memiliki unsur-unsur pendidik sebagai sumber informasi, media sebagai sarana penyajian ide, gagasan dan materi pendidikan serta peserta didik itu sendiri.

Pembelajaran fisika yang selama ini dianggap sangat sulit tidak perlu terjadi kalau prosesnya diberikan secara menarik dan menyenangkan oleh guru mata pelajaran tersebut. Misalnya saja dengan menggunakan teknologi komputer yang saat ini sudah menjadi keharusan penggunaannya di sekolah.

Terbukti dengan model pembelajaran fisika dengan ICT yang telah diterapkan oleh salah seorang guru fisika di SMA Negeri 9 Makassar, siswa lebih tertarik memperhatikan materi pelajaran fisika.

Pembelajaran fisika selalu menerapkan 2 hal, yaitu menulis dan mendengarkan, tetapi sekarang tanpa menggunakan kedua hal tersebut dapat diterapkan proses pembelajaran yang menggunakan berbasis ICT dengan cara yang mudah. Solusinya adalah dengan mengubah cara pembelajaran fisika dengan menerapkan teknologi melalui ‘macromedia flash’.

Macromedia Flash ini merupakan sebuah teknologi yang diabuat dalam bentuk aplikasi. Mampu membuat animasi bergambar dan berjalan. Macromedia flash dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajran yang sangat menarik, mulai dari menu-menu yang dapat dibuat sendiri oleh para tutor, maupun suara yang bisa dikombinasikan dengan animasi. Macromdeia Flash ini merupakan media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang diterapkan pada pembelajaran konvensional dengan dukungan teknologi informasi sebagai media dan manajemen pendidikannya.

Oleh karena itu, para guru/pengajar dipandang perlu untuk mengembangkan suatu media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk dapat memahami materi pelajaran dengan lebih menarik, sehingga memberikan dampak yang lebih efektif terhadap kemajuan siswa.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penulis bermaksud untuk membuat karya tulis agar adanya suatu media yang dapat meningkatkan pemahaman serta penguasaan siswa terhadap fisika dengan pembuatan animasi fisika melalui Macromedia Flash.

B. Rumusan Masalah

Bagaimana pembuatan animasi fisika melalui Macromedia Flash?

C. Tujuan Penulisan

Untuk mengetahui pembuatan animasi fisika melalui Macromedia Flash.

D. Manfaat

1. Bagi Sekolah

· Membantu sekolah dalam mengembangkan pembelajaran fisika.

· Menjadikan sekolah yang bertaraf internasional.

2. Bagi Guru

· Membuat metode pengajaran yang baru.

· Mengefisienkan waktu pengajaran.

· Menambah wawasan guru dalam perkembangan IPTEK.

3. Bagi Siswa

· Mempermudah siswa belajar fisika.

· Menjadikan siswa mudah memahami materi tidak menimbulkan rasa jenuh.

4. Bagi Penulis

· Menambah wawasan dan pengetahuan penulis dalam meningkatkan pemahaman dan penguasaan Macromedia Flash sebagai media menyaji fisika.

Category: | 0 Comments

0 comments to “Animasi Fisika Melalui Macromedia Flash”

Note: only a member of this blog may post a comment.