Subscribe RSS

Para orang tua
yang berbahagia.... Bersama seorang guru disuatu sekolah di Bogor kami biasanya
sering mendiskukan berbagai macam permasalahan dan prilaku anak disekolah
tersebut. Mulai dari yang ringan sampai yang terkadang agak berat.



Suatu ketika sang guru menceritakan salah seorang muridnya yang sangat sulit
sekali di didik dan di ajar.... anak ini terlihat agak lambat menerima
pelajaran katanya. Beberapa kali kita cobakan cara yang kira-kira tepat untuk
membantu anak ini. Namun sepertinya belum membuahkan hasil yang membahagiakan.




Beberapa waktu berlalu, saya masih sering berkomunikasi, dan masih terus
berusaha untuk membantu si murid agar bisa menjadi lebih baik; namun berbagai
cara telah dicoba ternyata belum berhasil juga. Kali ini rupanya kami berdua
sepertinya sedang di Uji oleh Alloh -Subhanahu Wa Ta’ala-.



Setelah lebih dari 1 tahun berselang kami bertemu lagi dengan guru tersebut;
dengan wajah yang berbinar-binar menceritakan bahwa ia telah berhasil membuat
kemajuan yang berarti bagi muridnya itu. Wah saya juga jadi ikut bahagia
mendengar berita baik itu. Namun saya jadi penasaran metede apa yang telah
ditemukan oleh si Guru tadi sehingga ia berhasil membuat muridnya menjadi lebih
baik dan berprestasi lebih bagus....




Dengan penuh penasaran saya bertanya padanya; Ibu bagaimana caranya sampai bisa
berhasil.....?



Bagini ayah.... suatu malam saat saya sedang beribadat saya teringat murid saya
itu; kemudian seketika itu saya coba membayangkan wajahnya baik-baik....lalu
perlahan-lahan saya mengadukan hal ini pada Alloh -Subhanahu Wa Ta’ala-; Saya
berkata, "ya Alloh -Subhanahu Wa Ta’ala-....kami sudah berupaya keras
untuk membuat anak ini menjadi lebih baik, kami sudah menggunakan berbagai
macam cara untuk membantunya, Tapi toh kami belum berhasil juga....; Kami sudah
tidak tahu lagi harus melakukan apa, Ya Alloh -Subhanahu Wa Ta’ala- tolonglah
kami, kami hanya ingin anak ini menjadi lebih baik.....", lalu saya
bersujud sambil menitikkan air mata berharap supaya permohonan saya
dikabulkan......



Lalu ibu guru itu melanjutkan,
Sungguh diluar dugaan katanya; keesokan harinya mulai terjadi perubahan dan
peningkatan yang sangat signifikan terhadap kemampuan belajar si anak; saya
bukan main girangnya; betapa begitu banyak misteri dalam diri anak kita yang
masih belum berhasil kita ketahui dan begitu banyak misteri dalam diri murid
kita yang belum berhasil di kupas oleh pengetahuan. Namun ternyata tidaklah
demikian bagi Alloh -Subhanahu Wa Ta’ala-; segala yang tidak mungkin bagi kita
selalu mungkin bagi Alloh -Subhanahu Wa Ta’ala-.




Para orang tua.... Saya sungguh terharu mendengarkan penuturan sang ibu guru
tadi; tak sadar airmata sayapun menitik membahasahi pipi; Lalu pada malam
harinya dalam sujud kepada Alloh -Subhanahu Wa Ta’ala-....saya merenung ...,



.....Ya Alloh -Subhanahu Wa Ta’ala-....Seandainya saja di negeri ini ada lebih
banyak guru yang begitu mencintai muridnya; dan mau mendoakan muridnya secara
sungguh-sungguh, saya yakin sebesar apapun persoalan yang kita hadapi akan
mampu kita pecahkan.....



*True Story yang saya alami bersama dengan seorang guru salah satu sekolah di
Bogor.



 



Sumber: Ayah Edy


Photobucket

0 comments to “Mengatasi Murid yang Nakal”

Note: only a member of this blog may post a comment.