Subscribe RSS

Langkah Membangun dan Sosialisasi Konsep Multiple Intelligence

  1. Lakukan seminar tentang konsep Pendidikan dan Pengajaran siswa masa depan berdasarkan Teori Multiple Intelligence pada seluruh guru.
  2. Lakukan seminar yang sama pada orang tua murid.

Langkah Persiapan Operasional

  1. Lakukan Workshop I tentang konsep Pendidikan dan Pengajaran siswa berdasarkan Teori Multiple Intelligence pada seluruh guru.
    1. Lakukan Identifikasi terhadap kecerdasan unggul para gur
    2. Tiap-tiap guru secara spesifik mengidentikasi apa saja hal-hal yang unggul yang dimilikinya baik berhubungan dengan pelajaran disekolah maupun berhubungan dengan bakat dan hobinya.
    3. Lakukan identifikasi terhadap kepribadian Guru melalui form evaluasi kepribadian
    4. Identifikasi seluruh mata pelajaran yang diberikan disekolah.
    5. Kelompokkan jenis mata pelajaran berdasarkan jenis kecerdasan yang diwakilinya
    6. Lakukan identifikasi terhadap reaksi emosianal Guru melalui “Reaksi Kencenderungan Emosional”
    7. Menyusun kerangka materi yang akan di ajarkan melalui metode MI.
  2. Lakukan Workshop II Infrastruktur teknis, non teknis dan pelaporan
    1. Mempersiapkan perangkat pendukung untuk sistem pengajaran yang terdiri atas fasilitas dan dokumen yang akan digunakan untuk proses belajar mengajar dan penilaian.
    2. Buat laporan pribadi anak dalam 3 bentuk;

Laporan Semesteran yang mencerminkan perkembangan masing-masing kecerdasan anak baik yang unggul ataupun yang rata-rata.

Laporan komunikasi Guru-Murid- Orang Tua sebagai sarana komunikasi guru dan orang tua berkaitan proses pendidikan yang sedang dilaksanakan.

Laporan dokumentasi Portofolio (Hasil Karya anak dalam bentuk hasta karya, audio & video)

    1. Merubah sistem Evaluasi

dari sistem mayoritas test menjadi sistem mayoritas pengamatan

dari sistem evaluasi bulanan atau semesteran menjadi sistem harian dan mingguan.

merubah dari sistem LOT (Berpikir Hafalan) menjadi sistem HOT (Berpikir Kreatif & Logika)

Melakukan penilaian keseluruhan berdasarkan test, dan perkembangan hasil belajar berdasarkan laporan portofolio.

Merubah dari sistem 3 juara menjadi semua siswa juara pada bidang yang berbeda-beda.

Langkah Persiapan Operasional Proses Pengajaran

  1. Melaksanakan pelatihan teknik mengajar pada para guru berdasarkan pada Holistic Learning dan Multiple Intelligence system
    1. Redifinisi pemahaman proses belajar dan mengajar (psikologis dan konsepsi – UNESCO)
    2. Perbandingan sistem pengajaran Konvensional VS sistem Pengajaran Holistik
    3. Otak sebagai MESIN BELAJAR manusia
    4. Otak sebagai pengendali Nalar, Rasa dan Pikir
    5. Pemahaman Psikologi Pengajaran melalui Personaliti, Gaya Belajar dan Reaksi Emosi.
    6. Teknik-teknik Pedagogi (adopted from TTT)
    7. Teknik-teknik kreatif
    8. Model Pembelajaran
  2. Melaksanakan bimbingan teknik mendidik dan mendukung pembelajaran pada para orang tua via parenting seminar.

Langkah Penerapan awal Sistem Pengajaran Multiple Intelligence

  1. Lakukan negosiasi proses pencapain hasil belajar pada masing-masing siswa sebagai target hasil dari proses belajar mengajar pribadi antara guru dan siswa.
  2. Jadikan hasil negosiasi ini sebagai barometer dalam pencapaian target hasil bagi guru dan siswa sekaligus sebagai dasar proses couching dan counselling.
  3. Lakukan identifikasi kepribadian tiap-tiap anak oleh tiap-tiap Guru melalui pengamatan sehari-hari. Bandingkan hasil penilaian dengan guru lainnya.
  4. Lakukan identifikasi kecerdasan unggul masing-masing anak berdasarkan proses ujuk kerja selama proses belajar mengajar. Identifikasi kecerdasan unggulnya secara spesifik.
  5. Buat catatan harian mengenai kinerja tiap siswa terhadap proses belajar mengajar serta progress dari waktu ke waktu.
  6. Bandingkan hubungan korelasi antara kepribadian dan kecerdasan unggul yang dimiliki.
  7. Melakukan pengamatan dan pencatatan apa bila terdapat kendala dalam rangka pengukuran proses implementasi dari langkah-langkah pelaksanaan sistem MI tersebut diatas.
  8. Melakukan langkah-langkah pembahasan untuk mencari pemecahan sistemik dan operasional yang mengikutsertakan seluruh pihak yang terlibat (all party involved)
Sumber: Ayah Edy

0 comments to “LANGKAH-LANGKAH PENERAPAN HOLISTIC LEARNING DAN MULTIPLE INTELLIGENCE DI SEKOLAH”

Note: only a member of this blog may post a comment.