Subscribe RSS

Faktor Internal
Faktor internal adalah faktor yang timbul dari dalam diri individu. Ini yang dapat mempengaruhi prestasi belajar Anda. Faktor internal ini dikelompokan menjadi 2 faktor, yakni faktor jasmaniah dan faktor psikologis. Kedua faktor ini berkaitan satu sama lain dimana terdiri dari beberapa aspek sebagai berikut:
A. Faktor Jasmaniah
a) Faktor Kesehatan


Meskipun Anda dituntut untuk melakukan berbagai hal berkaitan dengan keberadaan Anda sebagai pelajar, namun satu hal yang tidak boleh Anda abaikan yaitu kesehatan. Semua yang telah direncanakan, semua yang telah diprogramkan dan dijadwalkan, akan berantakan kalau kesehatan Anda terganggu. Tidak ada yang bisa dilakukan kalau tiba-tiba jatuh sakit. Karena itu jagalah stamina dan berusaha untuk hidup sehat.
Faktor-faktor yang mungkin mempengauruhi kesehatan sebagai Anda, antara lain:
1. Lingkungan tempat tinggal yang kurang sehat.
2. Pola makan tidak teratur.
3. Stress karena tugas.
4. Kurang tidur (banyak begadang).
5. Kurang berolahraga.
Dari faktor-faktor di atas, tampak semuanya bisa diantisipasi sejak awal. Misalnya, membersihkan rumah agar terhindar dari penyakit. Pola makan diatur, yaitu dengan memerhatikan jam makan. Tugas-tugas fisika Anda yang banyak dapat pula menyebabkan terganggunya kesehatan. Apalagi kalau bahan-bahan tugas tersebut belum terkumpul, sementara batas waktu pengumpulannya semakin mepet. Dalam situasi seperti ini, pelajar kadang-kadang stress dan akhirnya jatuh sakit.
Untuk mengatasi hal itu, harus mengatur schedule (jadwal) kegiatan dengan sebaik mungkin. Hal-hal yang mendesak perlu diprioritaskan sedang hal-hal yang tidak terlalau mendesak dikesampingkan untuk sementara. Kerjakanlah tugas-tugas tersebut dengan enjoy. Tidak usah panik, sebab itu hanya akan membuat pusing.
Jangan terlalu sering begadang (tidur terlalu larut malam), baik apabila mengerjakan tugas ataupun hal-hal lain. Aturlah waktu Anda sedemikian rupa sehingga dapat istirahat pada jam 23.00 atau lebih awal lagi. Jangan sampai begadang hingga jam 02.00 atau 03.00 dini hari, kecuali memang sangat perlu. Sebab, banyak juga pelajar yang rela begadang hanya karena main gaplek atau menonton permainan sepak bola, apalagi sekarang ada hotspot atau wifi sehingga begadang bersama kopi susunya. Tentu hal ini dapat berpengaruh kepada kondisi kesehatan Anda
Ada informasi baru bahwa tidur kurang dari 4,5 jam atau lebih 8 jam dapat memperpendek umur. Ini merupakan riset penelitian dari Universitas California San Diego terhadap 1 juta orang. Wallohu a’lam.
Apalagi gara-gara begadang, Anda melupakan solat subuh, padahal pahalanya melebihi seluruh isi dunia.
Ingatlah bahwa olahraga juga memiliki peranan penting dalam kehidupan. Setidaknya, jalan-jalan pagi, senam atau olahraga lainnya. Kalau Anda tidak bisa melakukannya setiap hari, lakukanlah 2 atau 3 kali sepekan. Olahraga dapat membantu memilihara kesehatan dan kebugaran Anda. Ingat juga, di dalam tubuh yang sehat terdapat otak yang cerdas.
b) Cacat Tubuh
Cacat tubuh adalah suatu keadaan kurang baik atau kurang sempurna mengenai postur tubuh Anda. Keadaan cacat tubuh jugu mempengaruhi aktivitas belajar Anda. Jika hal ini terjadi hendaklah Anda belajar atau kursus pada lembaga khusus atau diusahakan alat bantu agar dapat menghindari atau mengurangi pengaruh kecacatan Anda.

B. Faktor Psikologis
a) Perasaan Hati
Faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan belajar bagi Anda, berkaitan dengan kurang mendukungnya perasaan hati unutuk belajar secara sungguh-sungguh. Sebagai contoh, ada yang tidak suka mata pelajaran fisika karena terlalu banyak rumus. Jika hal ini terjadi, tentu akan mengalami kesulitan belajar yang sangat berat. Hal ini merupakan contoh dari faktor perasaan hati yang menyebabkan kesulitan belajar.
Hal ini akan mempengaruhi proses belajar bagi Anda dan dapat menjadi faktor penyebab kesulitan belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak yang dapat mempelajari suatu mata pelajaran dengan baik akan menyenangi mata pelajaran tersebut. Begitu juga sebaliknya, anak yang tidak menyenangi suatu mata pelajaran biasanya tidak atau kurang berhasil mempelajari mata pelajaran tersebut.
b) Kosentrasi
Kosentrasi yang dimaksudkan memusatkan segenap kekuatan perhatian Anda pada suatu situasi belajar fisika. Di dalam kosentrasi ini, keterlibatan mental secara detail sangat diperlukan, sehingga tidak “perhatian” sekedarnya.
c) Kecerdasan Emosional (EQ)
Salah satu faktor penting berpengaruh dalam keberhasilan belajar Anda adalah emosi. Hasil penelitian psikologi kontemporer menunjukkan bahwa disamping adanya faktor yang berhasil dari IQ (intelligence quotient), ternyata belajar dan prestasi sangat ditentukan oleh kecerdasan emosi Anda.
Para ahli psikologis menyebutkan bahwa IQ (intelligence quotient) hanya mempunyai pesan sekitar 20% dalam menentukan keberhasilan belajar, sedangkan 80% sisanya ditentukan oleh faktor emosi (emotional quotient).
Dalam kehidupan banyak sekali masalah-masalah yang tidak dapat dipecahkan semata dengan menggunakan kemampuan intelektual. Dengan kata lain, kecerdasan emosi mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam mencapai keberhasilan belajar.


2
Faktor Eksternal
Faktor eksternal yang berpengaruh terhadap belajar Anda, dapat dikelompokkan menjadi 3 faktor, yakni faktor keluarga, faktor sekolah dan faktor masyarakat.
1) Faktor Keluarga
Anda akan menerima pengaruh dari keluarga berupa cara orang tua mendidik dan relasi antar anggota keluarga.
Cara orang tua mendidik Anda dan relasi antar anggota keluarga sangat erat hubungannya dan sangat besar pengaruhnya terhadap prestasi belajar fisika Anda. Dimana keluarga adalah lembaga pendidikan yang pertama dan utama dalam ukuran kecil, tetapi bersifat menentukan untuk pendidikan dalam ukuran besar yakni pendidikan fisika Anda. Bagi Anda yang diberi motivasi oleh orang tua, maka pasti memberikan semangat yang luar biasa.
Dulu, ketika saya hendak ikut seleksi OSN (Olimpiade Sains Nasional) Bidang Fisika tingkat Kotamadya, saya langsung menghubungi orang tua meminta do’a restu. Sehingga pada saat itu, langsung timbul motivasi besar dalam diri.
Akhirnya, saya menjawab soal-soal seleksi yang susah itu dengan baik hingga pada saat pengumuman, saya lulus dan termasuk wakil untuk mengikuti seleksi OSN tingkat selanjutnya, yaitu OSN tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.
2) Faktor Sekolah
Faktor sekolah yang dapat mempengaruhi belajar Anda mencakup beberapa hal antara lain sebagai berikut:
a. Metode Pengajaran
b. Kurikulum
c. Relasi Guru dengan Anda
d. Alat Praktikum
e. Waktu Sekolah
f. Kedisiplinan
Dalam belajar, metode mengajar, kurikulum, korelasi guru dengan Anda, alat praktikum, waktu sekolah dan disiplin sekolah adalah sejumlah kegiatan yang diberikan kepada Anda dalam menumbuhkan dan mengembangkan motivasi terhadap diri Anda, sehingga dapat mempengaruhi proses belajar Anda sesuai dengan tujuan pendidikan nasional.

3) Faktor Masyarakat
Kehidupan masyarakat disekitar Anda juga berpengaruh terhadap belajar. Masyarakat yang terdiri dari orang yang tidak terpelajar, pejudi, suka mencuri dan mempunyai kebiasaan yang tidak baik, akan berpengaruh jelek pada Anda yang berada di situ. Anda tertarik untuk ikut seperti yang dilakukan oleh orang-orang yang ada disekitar Anda. Akibatnya belajar terganggu dan bahkan Anda kehilangan konsentrasi belajar.
Perhatian Anda yang tadinya terpusat kepada pelajaran, bepindah keperbuatan yang selalu dilakukan oleh orang-orang sekitar Anda yang tidak baik.
Sebaliknya, jika lingkungan Anda adalah lingkungan orang-orang terpelajar, mereka mendidik dan menyekolahkan anak-anaknya, maka Anda terpengaruh juga dengan hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang di lingkungan Anda sehingga Anda akan berbuat seperti orang-orang yang ada di lingkungan Anda. Pengaruh ini dapat mendorong Anda untuk belajar fisika lebih giat lagi.


Photobucket

Category: | 0 Comments

0 comments to “Faktor Kesulitan Belajar Fisika”

Note: only a member of this blog may post a comment.