Subscribe RSS

Siapakah Anda?

Wow, kelahiran Anda berarti hadirnya seorang makhluk yang 40 minggu sebelumnya hanya merupakan suatu sel tunggal. Anda hanyalah makhluk yang sangat tidak berdaya. Ketidakberdayaan memperlihatkan ketergantungan kepada orang lain, orang yang dekat kepada Anda adalah orang yang penting (signifikan) bagi perkembangan Anda dan mewujudkan rangsangan dari lingkungan.



Anda untuk tumbuh dan berkembang, dalam arti fisik maupun mental. Apabila pada kala kelahiran ada + 200 miliar sel neuron yang siap memproses beberapa trilliun informasi, maka blu print (disposisi) yang latent dibawa lahir, merupakan awal kehidupan Anda yang bermula dari suatu refleks, kemudian menjadi refleks terkontrol dan setelah itu akan menjadi organisme mental yang luas.
Anda yang semula tidak berdaya dan pasif akan segera menemukan sumber dan potensi kemampuan. Ini tidak berarti bahwa keterwujudan Anda ditentukan semata-mata oleh pengaruh kekuatan di luar diri Anda. Anda manusia menjadi aktif karena menemukan (discovery) kemampuan, perasaan, pikiran, kekuatan, dan keterbatasan.
Dipandang dari sudut pandang pikiran dan perasaan Anda, Anda mempunyai kebebasan untuk berubah dan memilih. Anda juga dianugerahi kesadaran melampaui seekor hewan, yaitu potensi kreatif yang sejak lahir Anda miliki. Hal yang mungkin dapat terjadi pada diri Anda dan dapat diraih sesuai kemampuan yang ada pada Anda untuk diteropong dan dijelajahi oleh Anda. Merupakan anugerah alam dari Alloh –Subhanahu Wa Ta’ala- yang disebut feresight juga disebut a gift of nature and gift of Alloh –Subhanahu Wa Ta’ala-.
Spesi yang amat spesifik yang disebut manusia yaitu Anda dan mungkin tidak sesempurna malaikat, ternyata Anda menampilkan berbagai tingkat perkembangan dan memperlihatkan potensi diri Anda.



Anda sebagai Manusia!

Manusia adalah mahluk yang ingin tahu. Manusia merupakan mahluk transenden yang tidak pernah puas dengan pengetahuan yang telah dimilikinya. Bahkan leluhur manusia, Nabi Adam -‘alayhi salam- yang telah diberi pengetahuan langsung oleh Alloh –Subhanahu Wa Ta’ala- dan berpengetahuan lebih ketimbang mahluk lain, masih saja ingin tahu rahasia buah khuldi. Rasa ingin tahu manusia tidak pernah terpuaskan, ia terus bertanya dan bertanya. Pengetahuan itu sendiri adalah kehormatannya.
Jagat raya membuka diri untuk diselidiki oleh manusia. Bahkan melaluinya diharapkan manusia juga bisa memahami Sang Pencipta dengan segala kehendak-Nya secara lebih komprehensif. Hal ini mendorong manusia untuk menyelidiki misteri jagat ciptaan tersebut baik yang mikro maupun makro. Juga merangsang manusia untuk memperluas wawasan dan mengembangkan imajinasi serta fantasinya. Fantasi inilah yang paling diperlukan manusia bila ia ingin maju.
Fantasi atau impian ini membangkitkan manusia untuk terus berpikir dalam perkara-perkara besar dan jauh. Impian ini disebarluaskan pada masyarakat dan lahirlah proyek-proyek ilmiah raksasa dan terdepan (frontier).

Otak! Tak Kenal Maka Tidak Sayang

When we think, we are capable of processing 1.200-1.600 words each minute. When we write we can, at best manage 25-35 word each minute. Which skill should we develop?

Bila Anda mendenganr kata otak, apakah yang Anda pikirkan? Pasti ada orang yang pintar dan ada orang yang bodoh alias otak udang!
Tahukah Anda tentang fakta mengenai otak?
Otak tersusun dari beberapa senyawa, air 72-78%, Protein 10-12%, lemak 8-10%.
Otak dewasa seperti Anda memiliki berat + 1,4 kg atau 2% dari berat total tubuh. Anda dilengkap dengan otak yang luar biasa. Dalam 1 organ terdapat 1 trilliun sel otak. Dalam 1 trilliun sel otak terdapat 100 milliar sel otak aktif dan 900 miliar sel otak pendukung.
Semua manusia lahir dibekali dengan sejumlah sel yang sama banyaknya. Tidak ada yang diberi lebih banyak atau lebih sedikit. Tidak ada diskon. Karena itu, sadari bahwa dari sejumlah bahkan jutaan sel terdapat miliaran potensi Anda yang bisa dikembangkan.

A. Bagaimanakah Menjaga Kesehatan Otak yang Luar Biasa Itu?
Otak Anda merupakan bagian dari tubuh yang sangat penting, sehingga diperlukan metode khusus agar kesehatannya terjaga. Langkah konkrit yang Anda bisa lakukan adalah:
1. Olahraga Secara Teratur
Hal ini dapat menurunkan resiko terkena serangan penyakit jantung koroner, diabetes, dan mengurangi stress.

2. Minum Air Putih
Karena 72-78% otak mayoritas tersusun atas air. Maka dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh akan sangat mempengaruhi perform otak. Kekurangan cairan dapat mengurangi kemampuan berpikir dan menurunkan daya serap informasi, tapi air yang dimaksud adalah air putih, bukan air teh, air kopi, dll.

3. Nutrisi yang Sesuai
Makanlah makanan yang mengandung banyak anti oksidan. Agar dapat melawan radikal bebas yang mengganggu kerja sel tubuh.

4. Tidak merokok, hindari alkohol. Hisapan rokok akan membunuh lebih dari 1.000 sel otak. Karena dalam rokok terdapat beberapa bahan kimia di dalamnya, antara lain: nikotin, CO, tar, dan timah hitam (Pb). Kesemuanya itu memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

B. Tantang Otak Anda
Otak memiliki sifat yang mirip dengan otot tubuh Anda. Semakin sering dilatih, maka semakin kuat dan berkembang (hipertensi). Latihanlah dengan membaca, diskusi, megerjakan soal-soal, dll.

C. Memori
Memori sama halnya dengan sistem operasi pada komputer atau laptop. Dimana ia berfungsi menyimpanan file-file. Hal ini pula sama dengan memori pada manusia ialah untuk menyimpan stimulus yang datang, baik yang diterima dari pengalaman maupun pendidikan secara formal.
Memori Anda memiliki 2 perincian, yaitu:
1. Memori Jangka Pendek
Memori jangka pendek yaitu adalah memori yang hanya mampu mengingat atau menyimpan hingga 15-30 sekon. Seperti mengingat nomor HP.

2. Memori Jangka Panjang
Memori jangka panjang yaitu memori yang menyimpan informasi secara permanen, seperti tahunan, bulanan, bahkan seumur hidup.

D. Faktor-Faktor yang Menyulitkan dalam Menyimpan Informasi pada Momori Jangka Panjang
Tentunya setelah membaca dan memahami perincian di atas, Anda akan berharap akan menggunakan memori jangka panjang untuk menyimpan berbagai informasi. Tapi, ada beberapa faktor yang memberikan kontribusi informasi jelek pada Anda, antara lain:

1. Tidak Relevan dan Tidak Penting
Sering Anda bertindak agar mencapai tujuan tertentu, minimal itu Anda bisa mendapatkan informasi baru. Namun, terkadang informasi yang ada inderai tidak sesuai harapan Anda, yaitu informasi yang tidak penting. Sehingga hal ini memberikan nilai jelek pada memori jangka panjang.

2. Adanya Gangguan
Tidak bisa dipungkiri bahwa untuk menyelami informasi, tentu terkadang bergandengan dengan gangguan. Baik gangguan internal ataupun ekstenal. Gangguan internal adalah gangguan yang berada pada diri Anda, misalkan stress sehigga sulit menerima informasi. Sementara gangguan eksternal yaitu gangguan yang berada di sekitar Anda, contohnya suara bising dari musik.

3. Tidak Fokus atau Tidak Konsentrasi
Konsentrasi penuh terhadap stimulus atau informasi sangat mendukung dalam proses penyimpanan pada memori jangka panjang. Akan tetapi, sebaliknya jika Anda tidak fokus dalam menerima informasi itu, pastinya Anda akan tidak bisa menyimpannya.

4. Stress
Inilah yang banyak dikeluhkan oleh mayoritas manusia. Sehingga, hal ini perlu mendapatkan perhatian khusus agar mencegah stress pada diri Anda.


5. Fisik yang Lelah
Aktivitas yang semakin padat, membuat fisik Anda semakin lelah, maka dari itu diperlukan stamina yang cukup agar kembali fit. Karena apabila fisik Anda yang lelah, kemudian dipaksa untuk menerima informasi, maka yakin dan percaya bahwa informasi itu hilang sia-sia belaka.

6. Pengaruh Zat Kimia Tertentu
Obat-obatan yang Anda konsumsi sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter. Agar dampak yang Anda tidak inginkan seperti efek samping dari obat dapat dicegah. Hal ini urgen dalam proses penyimpanan informasi.


Inteligensi

Sebagian dari Anda mengatakan bahwa manusia lahir tanpa memiliki inteligensi, ada juga yang mengatakan faktor keturunan (gen), juga tapi ada pendapat lain bahwa yaitu pada dasarnya dilahirkan cerdas.
Lantas, dimanakah posisi Anda dalam 3 opsi di atas? Mungkin banyak yang condong bahwa manusia lahir tidak memiliki inteligensi. Tapi, sebelumnya Anda harus mengetahui apa sebenarnya itu inteligensi.
Inteligensi adalah kemampuan Anda dalam mengambil sikap yang tepat untuk menghadapi situasi dalam sebuah lingkungan. Sehingga dari pengertian ini dapat disimpulkan bahwa manusia sudah tentu dalam mengamati atau mengobservasi lingkungannya pasti mengambil sikap yang nantinya memberikan respon dari kejadian yang dialami.
Maka dari itu, Anda mestinya sepakat bahwa semua manusia dilahirkan sudah dalam keadaan cerdas, baik dari sisi pengambilan sikap atau dari sturktur penyusun otak manusia itu sendiri. Dimana otak Anda tersusun dari beberapa senyawa, yaitu air 72-78%, Protein 10-12%, lemak 8-10%. Otak dewasa seperti Anda memiliki + lebih 1,4 kg atau 2% dari berat total tubuh. Ketahuilah, bahwa Anda telah dilengkap dengan struktur yang luar biasa. Sehingga Anda lahir sudah dalam keadaan memiliki inteligensi.

Photobucket

Category: | 0 Comments

0 comments to “Hadapi Kebodohan”

Note: only a member of this blog may post a comment.