Subscribe RSS

Bingung!!!

Kadang kita tidak bisa membedakan antara keingingan dan kebutuhan. Banyak dari kita lebih condong memenuhi keinginan ketimbang kebutuhan.

Kadang belanja, kadang membuat kantong Anda menjadi "bolong". Tidak terkecuali akhwat/wanita, kadang ikhwa/pria juga mengalami hal yang sama. Apalagi kalau melihat harga diskon gede-gedean menjelang hari raya.

Rasanya sampai terbawa mimpi kalau tidak ikut memborong. Berikut ini 7 trik ringan agar belanja Anda tidak "lupa daratan" dan memang dibutuhkan…..

  1. Buatlah terlebih dahulu daftar barang belanjaan yang akan Anda beli. Ingat! Yang dibutuhkan! Maksudnya agar Anda membeli terlebih dahulu barang yang benar-benar menjadi tujuan utama Anda.
  2. Bawalah uang tunai seperlunya sesuai dengan kebutuhan belanja Anda.
  3. Hindarilah membawa kartu ATM, dan kartu kredit Anda. (Nanti Anda seenaknya memborong!)
  4. Usahakan untuk mengisi perut sebelum pergi belanja. Hal ini untuk menghindari pengeluaran tambahan dengan makan diluar. Supaya tidak “cipuru” (bhs. Makssar, artinya lapar!)
  5. Jangan mudah tergiur dengan tulisan diskon, sale ataupun obral besar-besaran yang ada.
  6. Manfaatkan layanan dan fasilitas yang diberikan pusat perbelanjaan seperti membership, point reward, dan lain-lain.
  7. Setelah daftar barang terpenuhi, pastikan untuk pulang tanpa mampir-mampir ke tempat lain. Di sisi lain hal ini akan menjaga Anda dari "lirikan" para penjahat.
  8. Jangan suka belanja mendadak. Makin banyak waktu untuk belanja, makin hematlah anda. Anda bisa membandingkan harga sebelum akhirnya mengambil keputusan. Hukum ini berlaku lebih pada momen-momen tertentu seperti persiapan merayakan idul Fitri, idul Adha, walimah (pernikahan), dll. Yang pasti bukan acara bid’ah dan syirik.
  9. Jangan malu untuk menawar serendah mgkn. Kalau memang malas, belanjalah dengan teman yang jago menawar. Dengan begitu Anda bisa menghemat sejumlah uang walau tidak terlalu besar jumlahnya, dan uang itu bisa dialokasikan untuk keperluan yang lain.
  10. Jangan belanja dalam keadaan bingung, sedih atau sedang dalam masalah lain. Terutama pada wanita, belanja dalam keadaan seperti ini akan membuat anda lapar mata dan akhirnya membeli sesuatu yang sama sekali tidak perlu.
  11. Belanjalah sendirian. Bawa istri atau anak ketika belanja akan membuat Anda ‘tergoda' untuk membeli sesuatu untuk mereka. Tinggalkan saja mereka di rumah.
  12. Jangan langsung buang bukti pembayaran. Anda bisa baca ulang bukti itu untuk menjadi bahan perhitungan dan ‘perenungan'. Dan siapa tahu barang yang Anda beli rusak, Anda bisa mengembalikannya dengan membawa bukti itu.
  13. Jangan malu cari barang tertentu di toko barang bekas atau garage sale. Jika pandai memilih, Anda bisa menghemat sejumlah uang untuk barang yang masih berkualitas baik.

Category: | 0 Comments

0 comments to “13 Trik Belanja Hemat”

Note: only a member of this blog may post a comment.