Subscribe RSS

By: Nurhidayani (Siswi SMA Negeri 9 Makassar)

HARAPAN???

Pertanyaan yang sering banget muncul di fikiranku,kenapa harus ada harapan??? Dan apa sih pentingnya harapan???dan harapan itu sendiri apa ya???.

Menurut kamus bahasa Indonesia sendiri sih harapan itu berasal dari kata harap yang artinya keinginan atau sesuatu yang ingin di capai,sedangkan menurut aku sendiri sih harapan itu adalah sesuatu yang di inginkan agar menjadi sesuatu kenyataan dalam menjalani hidup ini.

Jadi ..

Setiap manusia harus memiliki harapan karena seseorang tanpa harapan akan menjalani hidupnya tanpa semangat dan manusia tanpa harapan seperti manusia yang mati di hidupnya.dan dalam setiap menjalani kehidupan pasti kita mengharapkan sesuatu itu dapat bemanfaat bagi diri dan hidup kita,dan sesuat yang kita inginkan itulah yang di sebut harapan…

Di setiap melaksanakan aktivitas sehari-hari pastilah kita memiliki sebuah harapan misalnya saja saat di sekolah.kita ke sekolah pastilah mempunyai harapan,harapan tersebut timbul dari dalam diri kita,dan dari dorongan orang sekitar kita misalnya dari orang tua yang mengharapkan kita sekolah dengan baik dan menjadi orang yang berguna di masa yang akan datang,dan dengan adanya harapan tersebut kita akan termotivasi dalam melaksanakan berbagai aktivitas.

MOTIVASI???

Apa yah motivasi itu ???,menurut sebuah bacaan yang pernah aku baca sih motivasi adalah kekuatan dari dalam diri kita sendiri dan hal itu mendorong kita untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan atau motivasi adalah Kegiatan atau tingkah laku manusia dimana ia berada, dapat menjadi perhatian setiap orang, dengan demikian secara sederhana dapat dikatakan bahwa motivasi merupakan kekuatan yang mendorong seseorang untuk melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan.dan kalau menurut saya sendiri sih motivasi itu adalah munculnya suatu keinginan dan hal itu membuat kita ingin melakukan sesuatu atau melakukan perubahan.

misalnya saya akan menghadapi MID semester dan saya mengharapkan agar di ujian nanti saya bisa mendapatkan nilai yang bagus,karena saya ingin mendapatkan nilai yang bagus maka saya berusaha untuk mewujudkan keinginan saya dengan cara belajar agar yang saya harapkan bisa terwujud.dalam hal ini hal yang membuat saya ingin berusaha itu adalah harapan dan harapan tersebut yang memotivasi saya untuk belajar.motivasi juga sangat penting dalam belajar karena dengan motivasi itu kita akan lebih bersemangat.

MOTIVASI BELAJAR???

Bagaimana sih motivasi belajar itu???dan apa yang di maksud dengan motivasi belajar???dan apa saja cara yang dapat di lakukan untuk meningkatkan motivasi belajar???.motivasi setiap orang tidaklah sama karena setiap orang pasti memiliki motivasi dan harapan yang berbeda-beda.motivasi belajar menurut aku adalah munculnya suatu keinginan untuk belajar.

Menurut anton huang Motivasi belajar sangat penting dalam pengembangan diri, sebab pengembangan diri adalah belajar, belajar adalah pengembangan diri. Jika Anda ingin lebih sukses dibanding pencapaian Anda saat ini, kuncinya ialah jangan pernah berhenti belajar. Hanya dengan belajarlah Anda akan berkembang dan menjadi lebih baik. Jadi untuk mengukur sejauh mana Anda bisa berkembang ialah dengan mengukur sejauh mana motivasi belajar Anda. Bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar?

Tips-tips meningkatkan motivasi belajar

Motivasi belajar tidak akan terbentuk apabila orang tersebut tidak mempunyai keinginan, cita-cita, atau menyadari manfaat belajar bagi dirinya. Oleh karena itu, dibutuhkan pengkondisian tertentu, agar diri kita atau siapa pun juga yang menginginkan semangat untuk belajar dapat termotivasi.

Yuk, ikuti tips-tips berikut untuk meningkatkan
motivasi belajar kita:

1. Bergaullah dengan orang-orang yang senang belajar
Bergaul dengan orang-orang yang senang belajar dan berprestasi, akan membuat kita pun gemar belajar. Selain itu, coba cari orang atau komunitas yang mempunyai kebiasaan baik dalam belajar.

Bertanyalah tentang pengalaman di berbagai tempat kepada orang-orang yang pernah atau sedang melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, orang-orang yang mendapat beasiwa belajar di luar negeri, atau orang-orang yang mendapat penghargaan atas sebuah presrasi.



Kebiasaan dan semangat mereka akan menular kepada kita. Seperti halnya analogi orang yang berteman dengan tukang pandai besi atau penjual minyak wangi. Jika kita bergaul dengan tukang pandai besi, maka kita pun turut terciprat bau bakaran besi, dan jika bergaul dengan penjual minyak wangi, kita pun akan terciprat harumnya minyak wangi.

2. Belajar apapun
Pengertian belajar di sini dipahami secara luas, baik formal maupun nonformal. Kita bisa belajar tentang berbagai keterampilan seperti merakit komputer, belajar menulis, membuat film, berlajar berwirausaha, dan lain lain-lainnya.

3. Belajar dari internet
Kita bisa memanfaatkan internet untuk bergabung dengan kumpulan orang-orang yang senang belajar. Salah satu milis dapat menjadi ajang kita bertukar pendapat, pikiran, dan memotivasi diri. Sebagai contoh, jika ingin termotivasi untuk belajar bahasa Inggris, kita bisa masuk ke milis
Free-English-Course@yahoogroups.com.

4. Bergaulah dengan orang-orang yang optimis dan selalu berpikiran positif
Di dunia ini, ada orang yang selalu terlihat optimis meski masalah merudung. Kita akan tertular semangat, gairah, dan rasa optimis jika sering bersosialisasi dengan orang-orang atau berada dalam komunitas seperti itu, dan sebaliknya.

5. Cari motivator
Kadangkala, seseorang butuh orang lain sebagai pemacu atau mentor dalam menjalani hidup. Misalnya: teman, pacar, ataupun pasangan hidup. Anda pun bisa melakukan hal serupa dengan mencari seseorang/komunitas yang dapat membantu mengarahkan atau memotivasi Anda belajar dan meraih prestasi.



Jadi dalam menjalani hidup kita sangat memerlukan harapan karena dengan harapan kita akan menjalani hidup secara terarah dan dengan berbagai harapan tersebut kita akan memiliki motivasi hidup

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat!!!

0 comments to “MENGAPA PERLU HARAPAN???”

Note: only a member of this blog may post a comment.