Subscribe RSS

Ribet ketika hujan? Mau bawa motor lagi!

Kita para bikers pastinya mulai sedikit cemas saat musim hujan tiba. Motor adalah tunggangan tanpa atap, pastinya membuat kita terguyur hujan, serta langsung ditempa angin dari depan saat mengendarai tunggangan.


Nah, biar tetap aman dan nyaman, meskipun harus berkendara kala hujan dan angin, nih ada beberapa tipsnya.


Pertama, nilai lebih helm full face baru akan benar-benar terasa saat kondisi
hujan dan angin. Dalam keadaan seperti itu, benda apapun bisa terbang dan
hinggap di wajah anda. Berbahaya kan? makanya, musim hujan ada baiknya memakai helm full face.


Kemudian, menyiapkan jas hujan adalah wajib. Semua tahu, jas hujan itu tahan air dan bisa menghalangi tubuh dari terpaan angin. Nah, kalau bisa pilih jas hujan yang two-pieces, agar lebih aman. Karena yang model 'batman' lebih rawan untuk tersangkut, baik di motor anda maupun motor orang lain.


Air hujan bisa menyebabkan permukaan jalan yang bersih sekalipun menjadi licin. Nah, mengenali traksi motor adalah tugas anda ketika hendak berkendara dalam hujan.

Lakukan pengereman disertai dengan pengurangan gigi secara bertahap. Begitupun ketika hendak berakselarasi, lebih cepat memindahkan gigi pada yang lebih tinggi, lebih baik. Itu bisa mengurangi risiko ban sliding.


Perhatikan juga aquaplaning, meskipun hal itu jarang terjadi pada motor, karena ban motor relatif lebih bulat, tidak seperti ban mobil yang datar dan lebar.


Kalaupun ternyata motor anda menggunakan ban lebar, usahakan memiliki kembangan yang masih dalam, serta berkompond lembut. Compound lembut, biar bagaimanapun memiliki daya traksi lebih baik dari yang keras.


Juga hati-hati pada motor yang berfairing, karena terpaan angin, terutama angin dari samping bisa menyebabkan hilangnya stabilitas.


Kemudian, sebisa mungkin anda harus terlihat, seperti dengan menggunakan
warna-warna cerah, baik pada motor maupun pakaian Anda.


Ingat, kepanikan adalah pemicu terbesar kecelakaan motor. Karenanya, pelajarilah situasi motor Anda, serta lingkungan sekitar dengan baik, serta berkendara tidak melebihi kapasitas diri dan motor Anda.

Category: | 0 Comments

0 comments to “Trik bawa kendaraan roda 2 di waktu hujan”

Note: only a member of this blog may post a comment.