Subscribe RSS

Andi Rahmah Iskandar, S.Pd. dilahirkan di desa kindang kecamatan kindang kabupaten bulukumba, pada tanggal 13 november 1979 dan lahir secara normal dengan bantuan bidan. Ayahnya bernama Andi Ibrahim Iskandar A.T., meninggal pada tahun 1997 dimana semasa hidupnya mengabdikan dirinya sebagai kepala sekolah sekaligus sebagai guru Madrasah Tsanawiyah swasta di desa kindang dan ibunya bernama Hj. Sitti ,bekerja sebagai ibu rumah tangga biasa. Andi Rahmah Iskandar merupakan anak ke 8 dari 9 bersaudara, dimasa kecilnya dia biasa dipanggil Andi Ma’ma.

Sejak usia 6 hingga 12 tahun, tepatnya tahun 1986 Andi Rahmah Iskandar mengenyam pendidikan di sekolah SD 55 Cibollo yang terletak di desa kindang. Kedua orang tuanya menyekolahkan Andi Rahmah Iskandar agar menjadi orang yang berhasil sama seperti anak-anak yang lain. Di masa kecil dia sudah menunjukkan kecakapan yang nyata di bidang perhitungan dan teramat cekatan menggunakan tangannya.Kemampuannya dalam bidang perhitungan juga terlihat dari kegemarannya berhitung dari pada membaca. Prestasinya pun disekolah cukup manakjubkan, hal ini terlihat bahwa selama di sekolah dasar dia selalu menduduki peringkat 1. Dimasa SDnya ia juga selalu mengikuti cerdas cermat antar sekolah SD di kabupaten bulukumba. Andi Ibrahim Iskandar AT selaku orang tua dari Andi Rahmah Iskandar sebenarnya memberikan kebebasan kepada anaknya mengenai jurusan apa yang akan diambil oleh anaknya kelak.

Andi Rahmah Iskandar semasa kecil merupakan anak yang aktif. Setelah pulang dari sekolah, sorenya dia mengikuti pelajaran agama di Taman pendidikan Al qur’an (TPA) di Desa Cibollo Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Orang tuanya sengaja memasukkannya di Taman pendidikan Al qur’an (TPA) agar kelak Andi Rahmah Iskandar tidak hanya pintar pada mata pelajaran umum tetapi juga dalam hal pemahaman terhadap agama.

Meskipun dari pagi hingga sore Andi Rahmah Iskandar selalu disibukkan dengan kegiatan pendidikan baik pendidikan umum maupun pemdidikan agama, tetapi dia tidak ketinggalan dalam menikmati masa-masa kecilnya seperti bermain dengan teman-teman sebayanya. Kegiatan bermain ini dilakukan ketika dia pulang dari Taman pendidikan Al qur’an (TPA). Kegiatan permainannya pun layaknya seperti permainan anak-anak perempuan lainnya seperti bermain rumah-rumahan dan bermain boneka.

Kemampuannya dalam bidang mata pelajaran fisika mulai terlihat ketika dia duduk dibangku MTs. Dia sekolah di Madrasah Tsanawiyah Kindang di kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba antara tahun 1992 sampai tahun 1995. Andi Rahmah Iskandar mulai menyukai pelajaran fisika ketika dalam sebuah percobaan yang dilakukan bersama guru dan teman sekelasnya berhasil membuktikan hukum-hukum alam. Dari sini Andi Rahmah Iskandar mulai gemar mempelajari rumus – rumus dasar fisika. Guru fisika beliau Drs. Andi Pangeran yang melihat bahwa Andi Rahmah Iskandar mempunyai kegemaran dalam bidang fisika itu mulai memberikan perhatian khusus. Setiap hari sabtu dan minggu sore dia selalu memberikan bimbingan belajar kepada Andi Rahmah Iskandar. Hal ini dilakukan juga karena Andi Rahmah Iskandar tidak lain adalah keponakan dari Drs. Andi Pangeran. Dan hasil dari bimbingan tersebut terlihat ketika dalam pelajaran fisika Andi Rahmah Iskandar selalu cekatan dalam menyelesaikan soal-soal fisika baik dibuku tulis maupun ketika dipapan tulis. Dari kecerdasannya dalam bidang fisika ini Andi Rahmah Iskandar memiliki banyak teman karena temannya suka belajar fisika dari dia. Begitu pula ketika ada pekerjaan rumah dari guru,rumah beliau selalu dipenuhi oleh teman-temannya yang ingin mengerjakan pekerjaan rumah tersebut bersama dengan dia. Setelah menyelesaikan sekolahnya di Madrasah Tsanawiyah tahun 1995 Andi Rahmah Iskandar melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Aliyah.

Andi Rahmah Iskandar bersekolah di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bulukumba di kabupaten Bulukumba. Saat hari pertama masuk sekolah dia langsung dikenal oleh oleh para temannya karena ketangkasannya dalam mengerjakan soal fisika yang diberikan oleh guru fisikanya. Guru fisika beliau,Nursamsi Spd kemudian melanjutkan pemberian bimbingan terhadap Andi Rahmah Iskandar sebagaimana yang dilakukan semasa masih sekolah di MTs. Dari kegemarannya dalam ilmu fisika, Andi Rahmah Iskandar selalu mewakili sekolahnya dalam lomba mata pelajaran antar kabupaten, yang tentu saja dia mewakili dalam bidang fisika.

Sejak kelas 2 di Madrasah Aliyah Andi Rahmah Iskandar sangat mengagumi salah satu tokoh yang berpengaruh dalam perkembangan teori fisika, yaitu Newton. Dia sangat menyukai rumus-rumus fisika karya Newton seperti teori gerak. Dalam salah satu buku yang pernah dia baca tentang Newton mengemukakan teorinya tentang hukum gaya berat dan tentang hukum gerak. Newton menunjukkan bagaimana hukum-hukum itu dapat dipergunakan untuk memperkirakan secara tepat gerakan-gerakan planet-planet seputar sang matahari. Dari teori-teori Newton inilah Andi Rahmah Iskandar semakin tekum mendalami rumus-rumus fisika.

Selain cerdas dalam menerapkan rumus-rumus fisika Andi Rahmah Iskandar juga terampil dalam beberapa percobaan fisika di laboratorium. Meskipun terkendala oleh kurangnya peralatan praktikum disekolahnya,tetapi Andi Rahmah Iskandar tetap bersemangat dalam menekuni pelajaran fisika.

Selama sekolah di madrasah Aliyah Andi Rahmah Iskandar selain pintar dalam bidang studi fisika, dia juga aktif di kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler seperti menjadi pengurus OSIS dan menjadi anggota pramuka di sekolahnya. Dari sini dia memiliki banyak teman dan dia disenangi oleh teman-temannya,disamping itu dia memang sosok anak yang sederhana dan ramah.

Andi Rahmah Iskandar memang sangat menyukai pelajaran fisika, akan tetapi dia tidak melupakan pelajaran lain disekolahnya, seperti pelajaran biologi, matematika, kimia, bahasa inggris, bahasa Indonesia dan pelajaran-pelajaran yang lainnya. Dia juga sangat senang dalam pelajaran drama di kelasnya.

Meskipun Andi Rahmah Iskandar adalah seorang anak yang cerdas dan aktif dikegiatan ekstrakurikuler, dia tidak melupakan kegiatan-kegiatan keagamaan. Hampir setiap selesai shalat maghrib sebelum dia belajar, dia selalu membaca Al qur’an.

Setelah menamatkan diri di Madrasah Aliyah Negeri 1 Bulukumba tahun 1998, dia melanjutkan pendidikannya di Universitas Haluoleo (UNHALU) di Kendari. Dia diterima di universitas melalui jalur PMJK (Penerimaan Mahasiswa Jalur Khusus) dan mengambil jurusan pendidikan fisika. Dia memilih jurusan pendidikan fisika karena dari kecil dia memang bercita-cita menjadi seorang pendidik. Andi Rahmah Iskandar memilih kuliah di kendari karena mengikuti kakaknya yang terlebih dahulu tinggal disana.

Andi Rahmah Iskandar merupakan mahasiswa teladan di kampusnya. Semasa kuliah dia selalu mendapatkan bea siswa prestasi dari pemerintah sehingga selama kuliah dia tidak terlalu merepotkan orang tuanya yang tinggal di Bulukumba.

Semasa kuliah Andi Rahmah Iskandar sering memberikan les privat bidang studi fisika di sekolah-sekolah.Kemampuan Andi Rahmah Iskandar dalam bidang fisika juga terlihat ketika pada semester IV dia menjadi asisten dosen di Universitas Haluoleo. Selain aktif dikegiatan perkuliahan, Andi Rahmah Iskandar juga aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dikampusnya.

Andi Rahmah Iskandar berhasil menyelesaikan kuliahnya dalam waktu 3 tahun 8 bulan dengan IPK 3,8.sebuah prestasi yang menakjubkan. Setelah selesai kuliah memilih kembali kekampung halamannya sendiri di Desa Kindang Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Dia mulai mengajar di Madrasah Tsanawiyah sebagai guru honorer atau guru bantu sebagai guru fisika. Setelah menjadi guru honorer dia kemudian menjadi guru kontrak SLTP Negeri 1 Gantarang kabupaten Bulukumba.

Dua tahun jadi guru kontrak tepatnya tahun 2005 Andi Rahmah Iskandar berhasil menjadi guru yang berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada bidang studi fisika. Setelah jadi PNS dia pindah mengajar di Madrasah Aliyah di kabupaten Sinjai.

Tahun 2007 Andi Rahmah Iskandar menikah dengan seorang laki-laki yang bernama Ismail, S.Pd. yang berprofesi sebagai guru biologi di Madrasah Aliyah di Tanete Kabupaten Bulukumba. Dari hasil pernikahannya dia dikaruniai anak yang imut yang bernama Ulfiah

Tiga tahun kemudian tepatnya tahun tahun 2010 Andi Rahmah Iskandar mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) di kampus UNM Gunung Sari Makassar sebagai persyaratan untuk menjadi guru yang professional. Dalam hidupnya Andi Rahmah Iskandar ingin mengabdikan dirinya dibidang pendidikan khususnya pada bidang studi fisika.

0 comments to “BIOGRAFI ANDI RAHMAH ISKANDAR S.Pd”

Note: only a member of this blog may post a comment.