Subscribe RSS

MENURUT BEBERAPA SISWA-SISWI SMA NEGERI 9 MAKASSAR YANG TELAH KAMI WAWANCARAI DAN JUGA DARI PENDAPAT KELOMPOK KAMI, BEBERAPA KEKURANGAN KAK NANDAR DALAM MENGAJAR ADALAH:

1. CARA MENJELASKANNYA TERLALU CEPAT :

Cara menjelaskan kak nandar yang terlalu cepat. Itu menyebabkan para siswa tidak bisa menyerap dengan baik materi yang di ajarkannya .Banyak murid yang selalu mengeluh. Terlebih bagi orang yang lama mencerna pelajaran yang telah diajarkan.

Solusi dari kami : Sebaiknya cara menjelaskan atau berbicaranya jangan terlalu cepat karena tidak semua siswa dapat menangkap penjelasan dari guru dengan cepat atau dengan istilah lain cepat tanggap.

2. SERING KALI YANG DI AJAR HANYA YANG PINTAR:

Sering kali saat mengajar kak nandar lebih sering mengajar yang pintar di banding yang kurang pintar

Contohnya : menurut salah seorang siswa di kelas…. “Kak nandar lebih memilih mengajar siswa yang lebih pintar dari dia. Seperti si A mendapat nilai 80 sedangkan si B mendapat nilai 42,kak nandar lebih senang mengajar si A di banding si B.”

Solusi dari kami : menurut kita sebaiknya kak nandar mengajar semua siswa baik yang pintar maupun yang kurang dan jika ada siswa yang kurang bisa memahami meteri kak Nandar seharusnya lebih memfokuskan atau mengajarkan materi yang tidak dapat dipahaminya itu sampai siswa tersebut mengerti. Karena yang telah mendapatkan nilai yang bagus pastilah sudah dapat memahami materi yang disampaikan oleh kak Nandar.

3. TIDAK MENGERTI PERASAAN SISWA,SEPERTI SAAT MEMBERIKAN TUGAS YANG BANYAK SEDANGKAN WAKTUNYA CUKUP SINGKAT.

Menurut sebagian besar siswa apabila kak nandar memberikan tugas sering mengacuhkan perasaan siswa yg merasa kurang setuju apabila di beri tugas yang banyak tetapi harus diselesaikan dalam waktu yang singkat.

Solusi dari kami : sebaiknya kak Nandar melihat kondisi siswa-siswi yang banyak mendapatkan tugas dari mata pelajaran lain, ada juga siswa-siswi yang mempunyai jadwal aktivitas yang padat dan tidak bisa mengatur semua kegiatanya dengan baik.

4. TERLALU KECIL SUARANYA SAAT MENJELASKAN.

Menurut beberapa siswa,saat mengajar suara kak nandar kecil sehingga cuman para siswa yang duduk di depan saja yang mendengar penjelasan kak Nandar.

Solusi dari kami : sebaiknya dalam menjelaskan atau mengajar,suara kak nandar perlu di perbesar volume suaranya.

5. TERLALU BANYAK CERITA YANG TIDAK BERSANGKUTAN DENGAN MATERI PELAJARAN

Menurut beberapa siswa saat menjelaskan kak nandar sering membicarakan hal-hal yang tidak bersangkutan dengan materi. Seperti tiba – tiba bercerita tentang sesuatu yang membuat para siswa tidak konsen dengan materi yang telah diterangkan sebelumnya. Apalagi saat telah asyik belajar dan membahas materi. Terkadang murid susah untuk memahami pelajaran jika diselingi hal-hal yang tidak penting.

Solusi dari kami : meskipun pembahasan-pembahasan itu merupakan selingan dalam mengajar tetapi sebaiknya cara itu jangan terlalu sering karena menurut beberapa siswa hal itu membosankan

6. JIKA MENGAJAR TERLALU SERIUS(TERLALU TEGAS):

Menurut beberapa siswa cara mengajar kak nandar terlalu tegas dan sering kali terlalu serius membuat para siswa merasa tegang dan malas mengikuti jam pelajaran kak Nandar.

Solusi dari kami : sebaiknya saat mengajar kak nandar memberikan selingan berupa candaan atau humor tetapi jangan pada saat para siswa sedang berkosentrasi.

7. TERLALU BANYAK TEORI:

Menurut beberapa siswa kak nandar dalam mengajar memberikan terlalu banyak teori,dan hal itu membuat para siswa merasa bosan karena kebanyakan para siswa lebih senang dengan praktek yang langsung dilakukan oleh siswa sendiri.

Solusi dari kami : jika kak Nandar melihat ada materi yang dapat diselingi dengan praktek, kak Nandar dapat menyuruh para siswa melakukan praktek tersebut.

8. TIDAK DAPAT MENYEIMBANGKAN ANTARA TEORI DENGAN CONTOH SOAL:

Terkadang kak Nandar memberikan atau menjelaskan teori yang tidak berkaitan dengan contoh soal yang disuruh kerjakan oleh kak nandar sehingga sebagian siswa merasa kebingungan saat mengerjakannya. Kebanyakan murid juga tidak menyenangi keadaan itu. Apalagi saat telah asyik belajar.

Solusi dari kami : sebaiknya kak Nandar memberikan banyak contoh soal yang berkaitan dengan penjelasannya kak Nandar yang telah disampaikan kepada para siswa atau menerangkan dulu contoh soal yang diberikan.

9. KAK NANDAR HANYA MENDENGARKAN SATU PIHAK DALAM MENGAMBIL KEPUTUSAN TANPA MEMIKIRKAN PERASAAN SISWA YANG LAIN

Contohnya pada saat kak Nandar menyuruh para siswa membuat perjanjian yang didalamnya berisikan sanksi-sanksi yang akan kita peroleh jika melanggarnya. Padahal isi dari sanksi-sanksi tersebut belum sepenuhnya disepakati oleh seluruh siswa, sehingga membuat sebagian siswa kecewa dengan kak Nandar.

Solusi dari kami : sebaiknya kak Nandar lebih mempertimbangkan pendapat yang diberikan oleh siswa, apakah pendapat tersebut dapat diterima oleh siswa yang lain.

10. SERING MEMBUAT PARA SISWA KEBINGUNGAN

DENGAN MATERINYA YANG PANJANG.

Contohnya ketika memberikan rumus yang tidak harus dijabarkan selurunya, kak Nandar malah menjabarkan rumus tersebut. Seperti bagaimana caranya mendapatkan rumus rersebut dengan cara menurunkan rumus yang begitu membingungkan. Kita juga biasa bingung rumus apa yang harus digunakan jika mengerjakan soal karena terlalu banyak rumus yang diberikan kepada kita.

Solusi dari kami : lebih baik kak Nandar memberikan rumus yang langsung pada intinya, dan langsung masuk pada contoh soalnya, tidak perlu menjabarkan rumusnya yang dapat membuat para siswa bingung.

11. MEMBOSANKAN DALAM MENGAJAR

Terkadang dalam mengajar kak Nandar terlalu serius. Sehingga kita semua merasa bosan. Karena kita lebih senang jika belajar dengan 3S (Serius, Santai, dan Sukses).

Solusi dari kami : Sebaiknya kak Nandar menerapkan cara mengajar dengan 3S (Serius, Santai, dan Sukses).

12. JARANG MEMBERIKAN CONTOH SOAL

Meskipun dalam mengajar kak nandar memberikan contoh soal tetapi sering kali dalam beberapa sub bab materi kak nandar tidak memberikan contoh soal,sehingga dalam mengerjakan tugas seringkali siswa bingung dalam mengerjakannya.

Solusi dari kami : sebaiknya dalam setiap pembelajaran di berikan banyak contoh soal agar kita dapat lebih mudah mengerjakan tugas ataupun PR yang akan diberikan kepada para siswa. Bukannya hanya teori.

13. TERLALU BANYAK CATATAN

Menurut beberapa siswa saat pelajaran kak nandar telalu banyak memberikan catatan.misalnya: saat bab 3 kak nandar memberikan catatan terlalu banyak.Sehingga membuat kita capek menulis.

Solusi dari kami: Sebaiknya kak Nandar jangan terlalu memberi penjelasan yang terlalu panjang. Cukup singkat, padat dan jelas.

14. KAK NANDAR TERLALU KEJAM MEMBERIKAN KONSEKUENSI.

Menurut kebanyakan siswa, kak Nandar terlalu berat dalam memberikan konsekuensi. Salah satu contohnya adalah saat membuat perjanjian untuk menjadikan kak Nandar sebagai kakak kita. Dalam perjanjian tersebut kak Nandar memberikan konsekuensi yang terlalu berat seperti memberikan hukuman (tidak masuk pelajaran fisika, keliling lapangan 2x, berdiri didepan kelas selama jam pelajaran berlangsung, dikurangi nilainya 15% dll) dan kita disuruh untuk mendapat persetujuan dari semua siswa.

Solusi dari kami: Jangan berikan hukuman kepada kita yang terlalu memilih salah satu hukuman tersebut bagi siswa yang tidak mau mengikuti perkataan kak Nandar. Dan konsekuensi tersebut belum

berat. Karena itu dapat membuat para siswa merasa tersiksa.

15. SERING MEMBERIKAN CATATAN YANG PANJANG SEDANGKAN WAKTUNYA SANGAT SINGKAT

Dalam mengajar, biasanya kak Nandar memberikan catatan yang cukup panjang sedangkan waktu yang diberikan sangat singkat. Sehingga siswa malas untuk mencatat. Contohnya adalah ketika kak Nandar menulis sedang menjelaskan ia melarang kita untuk menulis, pada saat tiba waktu untuk menulis waktu yang diberikan cukup singkat sedangkan catatan yang akan ditulis itu cukup panjang. Dan ketika waktu yang diberikan untuk mencatat itu habis kak Nandar pun menghapus catatan yang dipapan sedangkan para siswa belum sempat mencatat semua yang ada dipapan tulis. Itulah yang biasanya membuat para siswa malas untuk mencatat.

Solusi dari kami: Kak Nandar sebaiknya memberikan waktu yang sesuai dengan catatan yang akan diberikan. Jika catatannya panjang seharusnya kak Nandar memberikan waktu yang cukup lama juga.

0 comments to “Negatif dari Ngajar Saya”

Note: only a member of this blog may post a comment.